Komputer

3 KOMPONEN UTAMA MESIN KOMPUTER


  1. Memory merupakan bagian utama dalam komputer untuk menimpan semua data yang penting.
  2. Procesor berguna sebagai otak komputer yang menjalankan semua perintah yang diperintahkan oleh user, atau bekerja untuk menghitung dan melakukan logika mempercepat kinerja komputer, beberapa processor yang terkemuka d indonesia adalah Intel, AMD.
  3. I/O terdiri dari alat keluaran dan masukan seperti : USB, keybord, printer.

3 KOMPONEN UTAMA CPU

  1. CU (Control Unit) adalah sbuah perangkat yang memberikan perintah ke komponen lainnya di dalam CPU, dan mengontrol semua yang ada dalam CPU.
  2. ALU (Aritmatic Logic Unit) adalah sebuah perangkat dari bagian komputer yang mengelola data khususnya aritmatic (penambahan,pengurangan, pembangian,dan perkalian).
  3. Register adalah sebuah tempat yang menampungan data-data sementara untuk data yang akan diolah oleh processor, register dapat didefinisikan juga sebagai memori yang sangat cepat dalam transfer datanya, bertugas membantu operasi yang dilakukan pemroses, terutama sebagai tempat operan-operan. Register ini dikategorikan menjadi dua, yaitu register yang terlihat pemakai, seperti data register dan address register, dan register untuk kendali status.

4 DEFINISI SISTEM KOMPUTER

  • Sistem operasi adalah sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat beberapa sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
  • Sistem operasi juga bisa dikatakan penyedia seluruh aplikasi yang terdapat dalam sistem komputer dam menyediakan layanan untuk mempermudah user menggunakan komputer.
  • Sistem operasi juga merupakan penghubung komputer ke perangkat lain.
  • Sistem operasi Komputer merupakan software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi bisa juga disebut Operating System, atau orang biasa menyebutnya dengan sebutan OS. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang tepat sehingga tidak terjadi hang.

PROSES BOOTING KOMPUTER

Booting merupakan suatu proses pertama komputer saat di hidupkan, dimana suatu komputer dan operating systemnya mulai bekerja dengan menginisialisasi semua device yang ada di komputer beserta driver-driver yang akan menjalankannya.

ISTILAH-ISTILAH DALAM KOMPUTER

  • COMPUTER USER adalah pengguna komputer yang menjalankan aplikasi di dalam komputer.
  • APLICATION PROGRAM meerupakan suatu program yang khusus terdapat dalam komputer seperti program pembuatan KTP, program ini biasanya di buat oleh para programer. Fungsionalitas tersebut sangat bervariasi, seperti word processing, spreadsheet, atau database. Application program adalah software yang dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan yang lebih spesifik dan memudahkan pengguna.
  • COMPLIER adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman.Perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Hasil dari terjemahan ini adalah bahasa mesin. Pada beberapa compiler output berupa bahasa mesin dilaksanakan dengan proses assembler yang berbeda.
  • COMPUTER LIBLARY adalah Kumpulan subroutines yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak. Perpustakaan berisi kode dan data yang memberikan layanan untuk program khusus.
  • SHELL adalah program penerima perintah komputer melalui teks. Atau salah satu jenis program bawaan sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi. Contoh dari shell adalah COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe, PowerShell dalam Microsoft Windows, Bourne shell, C shell, Korn shell dan masih banyak lainnya khususnya dalam keluarga sistem operasi UNIX. Beberapa shell juga dapat digunakan untuk melakukan manajemen berkas. (http://id.wikipedia.org/wiki/Shell_(komputer)).
  • SYSTEM CALL yaitu cara memanggilan program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi. System call berupa rutin sistem operasi untuk keperluan tertentu yang spesifik. System call merupakan jembatan antara proses dan sistem operasi .
  • OPERATING SYSTEM KERNEL adalah jembatan antara hardware dan aplikasi-aplikasi yang menerjemahkan bahasa software sehingga mampu dimengerti oleh hardware dan hardware akan segera memprosesnya sesuai dengan permintaan user, sehingga aplikasi berjalan dengan semestinya.
  • COMPUTER HARDWARE yaitu berupa perangkat keras yang membuat suatu komponen komputer berjalan dengan baik.

HUBUNGAN ISTILAH-ISTIALAH TERSEBUT
Suatu OS menunggu instruksi dari user. Setelah user memberikan instruksi melalui program aplikasi, maka program yang akan membaca instruksi dan mengartikan keinginan user adalah Shell. Shell menerjemahkan dan memastikan instruksi dari user melalui computer library lalu secara otomatis shell menjadi penyedia interface antara program dan bagian OS. Proses selanjutnya instruksi di lanjutkan oleh system call dimana mengelola perizinan instruksi, hal ini sangat di perlukan karena pengguna tidak dapat secara langsung mengakses I/O Devices tanpa melalui proses ini . Setelah instruksi sampai kepada OS, OS akan mengolah, mengontrol dan memutuskan instruksi tersebut akan di jalankan atau tidak dengan kevalidan antara instruksi dan devices, supaya berjalan lancar.

Tidak ada komentar: